Manfaat dan Efek Samping Makan Nangka Muda


Manfaat dan Efek Samping Makan Nangka Muda | Nangka muda merupakan sayuran khas Asia Tenggara yang mempunyai nama latin botani Artocarpus heterophyllus atau A. Integrifolius. Nangka muda umumnya di masak di dalam bermacam macam menu, seperti Nangka tumis, gulai nangka muda, sayur asem nangka,dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, sayuran ini hampir mampu kita temukan di seluruh daerah. Namun apakah sayuran ini mempunyai kandungan gizi atau tidak, mari kita lihat saja penjelasannya di bawah ini :

Manfaat dan Gizi yang ada pada Nangka Muda

1. Sumber Mineral Untuk Pertumbuhan Tulang.

  • Nangka muda mempunyai persentase mineral yang cukup tinggi, persentase mineral yang paling tinggi adalah kalsium dan fosfor. Kedua unsur berikut terhitung di dalam kategori baik, bersama kuantitas seimbang.Keseimbangan  antara persentase kalsium dan fosfor terlalu baik untuk membentukan tulang yang normal. Apalagi di masa pertumbuhan, tubuh butuh kuantitas kalsium dan fosfor yang cukup. Jika kekurangan tidak benar satunya bisa sebabkan pertumbuhan terhambat.Selain itu, kebutuhan kalsium bagi wanita pascamenopause, kebutuhan kalsium harian mereka meningkat gara-gara kekuatan absorsi kalsium makin lama berkurang. Disisi lain, tulang butuh asupan kalsium yang mencukupi untuk jauhi tulang keropos.


2. Menyediakan Vitamin A dan Vitamin C yang Cukup

  • Kandungan vitamin A dan vitamin C pada nangka muda terhitung di dalam kuantitas sedang. Jika Anda mengkonsumsi nangka muda, itu telah cukup mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin A dan vitamin C.



3. Sayuran Rendah Lemak

  • Banyak satu diantara orang yang cemas konsumsi nangka muda karena takut akan menaikkan jumlah kalori didalam tubuhnya. Selama di konsumsi didalam jumlah yang wajar, tidak berlebihan maka nangka muda tidak berikan tambahan kalori yang berarti, kalau kalau diolah bersama bahan lain yang miliki kalori tinggi, seperti daging, santan dan bahan lain yang miliki kadar lemak tinggi.



Berbeda bersama nangka masak, kalorinya dua kali lebih tinggi dari nangka muda, yaitu terhadap 100 gram nangka matang terdapat 106 kcal, sedang kadar kalori nangka muda adalah 51 kcal saja.
Jumlah kadar kalorinya terkait terhadap kadar gula yang terdapat di didalam nangka. Jika nangkanya makin lama matang maka otomatis kadar kalorinya akan tinggi.


Efek negatif nangka Muda :

1. Hanya Mengandung Sedikit Nutrisi

  • Nangka muda mengandung sedikit nutrisi di bandingkan dengan sayuran hijau lainnya. Makan nangka muda benar-benar banyak membuat perut terasa kenyang lebih lama tanpa menambahkan faedah gizi yang menguntungkan. Jika Anda mendambakan mengkonsumsi menu yang tinggi kadar gizinya.



2. Memicu Gas Dalam Perut

  • Makan nangka muda benar-benar banyak, bagi yang mempunyai masalah dengan pencernaan akan membuat gas didalam perut, agar perut akan terasa kembung, sembelit. Sebaiknya sayuran ini tidak di mengkonsumsi bagi yang menderita sakit maag



 Nah sudah tau kan apa MANFAAT DAN EFEK SAMPING dalam mengkonsumsi nangka muda,kita harus lebih banyak tau,supaya tubuh jadi lebih sehat,sekian aja dulu Informasi tentang Manfaat dan Efek Samping Makan Nangka Muda untuk kesehatan kita,semoga bermanfaat.
Sumber : Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI ( 1992 )

0 Response to "Manfaat dan Efek Samping Makan Nangka Muda"

Post a Comment