Cari Tau Manfaat dan Efek Samping Bersepeda Bagi Kesehatan Mu

ShareKan Tips | Siapa yang tidak suka denga Olah raga satu ini,selain Asyik bareng teman-teman dan Melihat pemandangan sekitar,Bersepeda ternya ada sisi Negatifnya juga Lho,Kali ini ShareKan Tips akan membahas tentang kesehatan yang tidak boleh kita anggap enteng yakni dampak buruk yang saat kita bersepeda. Dengan materi yang kita angkat ini tentu mengakibatkan banyak pertanyaan seperti, Bukankah bersepeda adalah olahraga yang sehat? Bukankah bersepeda adalah olahraga yang baik untuk tubuh? Memang Bersepeda Sehat untuk kesehatan Tubuh,tapi ada juga efek negatifnya yang harus kita ketahui

Baca Juga : Manfaat Untuk Apa Kamu

Dengan menggunakan sepeda yang begitu lama itulah yang dapat membuat penggunanya memperoleh dampak negatif. Walaupun didalam pemanfaatan sepeda dapat memperoleh dampak negatif bukan maksud pengguna tidak memperoleh hal positif dari bersepeda. Untuk menyatakan segala suatu hal yang bisa berlangsung saat seseorang bersepeda, kita dapat paparkan supaya teman-teman sehat lebih memahami dan bisa dijadikan pembandingan pada baik buruk yang dapat diterima. Untuk mempersingkat pas langsung saja ke pokok materi.

Dampak POSITIF Bersepeda Untuk KESEHATAN

1. Penghilang Stress

  • Ketika seseorang bersepeda santai akan mengalami fase relaksasi pikiran karena disuguhi pemandangan serta menghirup udara segar yang menyehatkan kesehatan maupun pikiran.


2. Melancarkan Sirkulasi Darah

  • Saat bersepeda jantung akan memompa darah lebih cepat sehingga melancarkan sirkulasi darah keseluruh tubuh. Dengan lancarnya peredaran darah maka akan meminimalisir penyakit-penyakit yang diakibatkan penyumbatan pembuluh darah.


3. Kurangnya Cedera Lutut

  • Dalam olahraga bersepeda resiko mengalami cidera lutut akan lebih sedikit karena hentakan yang dialami oleh lutut saat bersepeda sangat kecil dibandingkan olahraga lain seperti jalan kaki, joging maupun lari.


4. Mengencangkan Otot Tubuh

  • Sudah pasti kegiatan bersepeda akan memberikan manfaat untuk mengencangkan otot tubuh antara lain paha, betis dan daerah pinggul selain itu, kegiatan bersepeda dapat membakar lemat dan menjadikannya daging.


5. Membuang Toxin atau Racun Dalam Tubuh

  • Apapun kegiatan yang menghasilkan keringat pastilah baik untuk kesehatan salah satunya bersepeda. Ketika seseorang bersepeda pada saat itu juga akan mengeluarkan keringat. Ketika mengeluarkan keringat secara otomatis toxin atau racun dalam tubuh akan ikut keluar dengan keringat.


6. Terhindar Dari Penyakit Jantung

  • Para penyepeda memiliki resiko kecil terkena penyakit jantung koroner daripada orang yang tidak bersepeda maupun berolahraga lainnya karena ketika seseorang bersepeda, jantung akan ikut dilatih sehingga menguatkan kesehatan jantung serta meminimalisir terkena penyakit jantung koroner.


Kalau yang di atas adalah manfaat yang diperoleh jika kita Berolahraga dengan menggunakan Sepeda,kesehatan yang kita dapat,tapi ada juga ni Efek jika kita bersepeda dan apa saya Hal negatif yang kita dapat jika kita kelamaan Bersepeda ? ini penjelasan nya :

Hal Negatif Yang didapat Jika Bersepeda Terlalu Lama

1. Rematik dan Sendi

  • Seseorang yang memiliki masalah rematik atau sendi sebaiknya jangan bersepeda karena dapat memperparah penyakit rematik.


2. Pembungkukan Tulang Belakang

  • Para pengemudi sepeda seperti para penggemar atau atlet downhill akan sangat beresiko terkena pembungkukan tulang belakang karena posisi setang yang terlalu rendah sehingga membuat pengendara dalam posisi membungkuk. Keadaan tersebut tidak baik untuk kesehatan tulang belakang.


3. Efek Ke Rahim Wanita

  • Efek lain yang ditimbulkan dari bersepeda adalah mengganggu kesehatan rahim wanita. Untuk resiko ini terjadi karena banyaknya goncangan yang terjadi ketika bersepeda. Para atlet ataupun para penggemar olahraga extrem seperti downhill dan free-riding sangat beresiko terhadap rusaknya rahim bagi wanita.


4. Dapat Menyebabkan Impoten 

  • Dampak negatif yang sangat menakutkan bagi kaum adam adalah impoten atau sering disebut disfungsi sexual. Ketika seorang pria melakukan kegiatan bersepeda yang terlalu lama akan meningkatkan resiko terkena impoten, dengan keluhan-keluhan awal antara lain: Sulit buang air kecil, ereksi tidak keras dan mati rasa di area penis. Dengan keluhan-keluhan awal yang berhubungan dengan area kelamin atau penis lambat laun akan mengakibatkan impoten. Penyebab terjadinya impoten antara lain adalah sadel yang keras, posisi sadel yang tidak baik, sadel terlalu tinggi dan waktu bersepeda yang terlalu lama. Penyebab-penyebab itulah yang memilki resiko sangat besar untuk terkena impoten.


5. Menurunkan Jumlah Sperma

  • Untuk para pria pengguna sepeda akan lebih riskan mengalami penurunan kadar sperma yang diproduksi. Menurut penelitian di Yale University mencatat bahwasanya kaum pria yang bersepeda lebih dari 5 jam dalam satu minggu memiliki resiko penurunan jumlah sperma sekitar 30-40% di bawah normal. Jadi sebaiknya untuk teman-teman pria kurangi bersepeda untuk meminimalkan resiko-resiko yang tidak diinginkan.
Nah itulah Manfaat dan Efek Samping Bersepeda Bagi Kesehatan yang harus kita ketahui dalam Menjalankan rutinitas Berolahraga Berseda atau yang lainnya,kita harus lebih tau apa Manfaat dan Apa efek sampingnya,hal yang terlalu berlebihan memang tidak bagus,gunakan waktu yang normal agar manfaat dari olah raga kita dapatkan,bukan efek negatifnya yang kita dapatkan,Jadi jagalah kesehatan,Karena Sehat itu Mahal.
Sumber vivacycle, seksualitas dan okta-winata




1 Response to "Cari Tau Manfaat dan Efek Samping Bersepeda Bagi Kesehatan Mu"

  1. Thx utk infonya.. mampir yuk ke http://elementmtb.com/keuntungan-ibu-hamil-bersepeda/

    ReplyDelete