Harus Tau !!! Manfaat dan Efek Samping dari Konsumsi Jengkol

Manfaat dan Efek Samping - Apa yang ada di anggapan kalian dikala mendengar nama Jengkol? yang pertama pasti Bau? Mungkin itu yang ada di anggapan kita. Pasalnya jengkol sebetulnya terkenal bersama baunya. Bau jengkol yang menyengat memicu orang-orang enggan untuk memakannya.

Selain melekat pada mulut, bau jengkol juga melekat pada urin kita. Untuk alasan itulah orang-orang waspada memakannya. Selain itu jengkol di cap makanan kelas bawah padahal faktanya harga jengkol lebih dari satu kala yang lalu hampir sama bersama harga daging sapi per kilogramnya. Menarik bukan?

Rasanya patut jengkol jadi makanan yang memadai mahal sebab buah ini miliki segudang manfaat yang luar biasa apabila di mengonsumsi dalam kuantitas yang tepat.

Sebentar.. Kalian tadi lihat kata buah kan? kenapa saya mengfungsikan kata buah? berikut penjelasannya.
Menurut wikipedia : jengkol juga polong-polongan. Buahnya berwujud polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral. Biji buah berkulit ari tipis bersama warna coklat mengilap.

Manfaat dan Efek Samping dari Konsumsi Jengkol


Berikut Manfaat Dari Jengkol :

1. Menjaga Kesehatan Tulang

  • Kandungan fosfor dan kalsium terhadap jengkol terlampau baik untuk kesegaran tulang. Kedua zat ini dapat menahan seseorang berasal dari terkena osteoporosis (tulang rapuh). Konsumsi jengkol di dalam jumlah tepat dapat sebabkan tulang Anda lebih kuat.


2. Pembentukan Jaringan Tubuh 

  • Protein yang melimpah yang terdapat terhadap jengkol dapat menunjang pembentukan jaringan tubuh.


3. Mengurangi Berat Badan

  • Serat yang tinggi yang terdapat terhadap buah jengkol dapat menunjang melancarkan pencernaan dan mengikat lemak-lemak yang terdapat di dinding usus.


3. Mencegah Diabetes

  • Di di dalam jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan di buah atau sayuran lainnya. Nama zat ini adalah asam jengkolat. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak dapat larut oleh air. Karena berupa diuretik,jengkol tidak direkomendasikan untuk mereka yang menderita penyakit problem ginjal.


4. Menstabilkan Organ Vital Dalam Tubuh

  • Asam folat dan vitamin B6 yang terdapat terhadap jengkol dapat menstabilkan organ-organ vital di dalam tubuh


5. Menghancurkan Radikal Bebas

  • Jengkol mengandung lebih dari satu vitamin seperti vitamin C, vitamin B2, vitamin B1 dan vitamin A. Vitamin A berguna untuk melindungi kebugaran mata dan dapat menaikkan ketajaman visual. Vitamin A dan Vitamin C juga melakukan tindakan sebagai antioksidan. Antioksidan dikenal perannya dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker.


6. Mencegah Anemia

  • Jengkol kaya akan zat besi, dimana zat besi mutlak untuk mencegah dan mengatasi kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Efek yang terjadi seandainya kekurangan zat besi adalah enteng letih dan tampak lemah serta tidak bahagia.
Selain Manfaat yang ada di atas,ternyata JENGKOL juga ada efek sampingnya juga lho,Berikut Efek samping dari Konsumsi Jengkol :


1. Menyebabkan Jengkolan
  • Jika di konsumsi dalam jumlah yang tepat, asam jengkolat sebetulnya baik bagi tubuh. Namun kalau dikonsumsi secara berlebihan, asam jengkolat ini sanggup beresiko bagi tubuh. Konsumsi jengkol terlalu berlebih sanggup mengakibatkan jengkolan.Istilah yang digunakan untuk menyebut efek samping berasal dari asam jengkolat. Penyakit jengkolan diawali bersama dengan rasa sakit di pinggang, lebih lanjut penderita jengkolan akan mengalami ada masalah membuang air kecil. Kalau pun bisa, itu keluarnya sedikit-sedikit dan agak sakit.

Untuk menghindarinya : makanlah jengkol secukupnya dan perbanyak minum air putih.

Kandungan Jengkol

per 100g jengkol memiliki kandungan : Ptotein 23.3 g, Energi 133 kcal, karbohidrat 20.7 g, Vitamin A 240 (SI) , Vitamin B 0.7 mg, Vitamin C 80 mg, Fosfor 166.7 mg, kalsium 140mg, zat besi 4.7 mg, air 49.5 g.

2. Menimbulkan Bau
  • Yang pertama dan paling sadar efek berasal dari makan jengkol ini adalah baunya. Bau nya tidak cuma menempel di mulut saja tapi juga menempel terhadap urine. Itu barangkali alasan kenapa orang-orang jarang mengonsumsi jengkol dikala berada di luar ruangan.

Tapi tidak perlu khawatir, tersebut ada lebih dari satu tips untuk menghilangkan bau jengkol :
- Masukan irisan dau jeruk dikala merebus jengkol, atau
- Rendam jengkol didalam air kapur satu hari sebelum saat hendak di masak.

Untuk menghilangkan bau mulut,kalian mampu makan timun setelah makan jengkol atau minum satu sendok makan kecap manis.


Nah itulah Manfaat dan Efek Samping Dari Konsumsi Jengkol,semua Manfaat pasti bagus tapi semua efeknya pasti tidak bagus,betulkan...?hehehe..Maka dari itu jagalah Kesehatan yang sangat Mahal ini,karena sehat itu Mahal.Salam Sehat.

0 Response to "Harus Tau !!! Manfaat dan Efek Samping dari Konsumsi Jengkol"

Post a Comment